بيت الزكاة الإندونيسى
محافظة كلمنتان الشرقية
 

BALAI PENGOBATAN AL-SYIFA BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN TIMUR LAKUKAN OPERASI KELOID GRATIS

Admin   23 Mei 2018   Berita   282 kali dilihat

Pada hari Kamis, tanggal 08 Maret Tahun 2018 Tim Balai Pengobatan Al-Syifa BAZNAS Prov.Kaltim adakan operasi keloid pada pasien a.n Syahrul Mubaroq secara gratis  yang disebabkan karena gigitan teman sekolahnya pada bagian telinga  dan ditangani langsung oler dr. Dwi Tantri Sari Putri sebagai dokter umum Balai Pengobatan Al-Syifa.

Apa sih itu keloid ?

Keloid adalah jaringan bekas luka yang bertumbuh menonjol seperti daging, dan berwarna lebih gelap daripada kulit sehat di sekitarnya. Biasanya, bekas luka dapat sembuh dan menutup dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, jaringan parut bekas luka bisa saja membesar. Keloid tidak membahayakan.

Tak semua orang akan memiliki keloid. Beberapa orang lebih berisiko mengembangkan keloid karena memiliki “bakat” turunan genetik dan kelebihan kolagen (protein khusus). Pada orang-orang ini, kolagen bisa terus diproduksi meski luka sudah menutup. Akibatnya, jaringan kulit baru bertumbuh di atas bekas luka tersebut yang terlihat menonjol seperti daging tumbuh.

Ada beberapa faktor risiko lainnya yang juga bisa menimbulkan keloid, yaitu ras dan usia Anda. Orang-orang Asia yang berusia di bawah 30 tahun lebih rentan mengembangkan keloid.

  Adapun gejala keloid yaitu :

  1. Tumbuh kulit menonjol
  2. Kulit menonjol mengkilap
  3. Warna kulit yang menonjol yaitu merah, merah mudah, coklat, merah keunguan dan hitam.
  4. Kulit yang menonjol terasa gatal.
  5. Timbul rasa sakit saat bagian kulit yang menonjol ditekan.

Adapun metode balai pengobatan al-syifa untuk menangani penyembuhan keloid yaitu dengan cara Operasi Tentu metode ini dilakukan bantuan para ahli atau lebih tepatnya seorang dokter. Operasi ini dilakukan dengan memberikan suntikan steroid pada kulit mu yang mengalami gangguan keloid, dan keloid tersebut akan dipotong dokter dengan penuh ketelitian serta kehati-hatian. Operasi ternyata bukan merupakan salah satu cara menghilangkan keloid secara permanen, karena keloid bisa saja muncul kembali tanpa ada dugaan yang pasti.